web stats

Senin, 03 Oktober 2016

Pengertian & contoh artificial neural network



ARTIFICIAL NEURAL NETWORK(ANN)

ARTIFICIAL NEURAL NETWORK(ANN) merupakan cabang ilmu multi disiplin yang meniru cara kerja otak makhluk hidup. Salah satu struktur yang ditiru adalah bentukk neuralnya. Jaringan syaraf tiruan dapat menyelesaikan rumit/tidak mungkin jika diselesaikan dengan menggunakan komputasi secara konvensional.



Fungsi dari neural network;

  • ·        Pengklasifikasikan pola

  • ·        Memetakan pola yang didapat dari input ke dalam pola baru pada output

  • ·        Penyimpan pola yang akan dipanggil kembali

  • ·        Memetakan pola-pola yang sejenis

  • ·        Pengoptimasi permasalahan prediksi

Sejarah neural network

Perkembangan ilmu neural network sudah ada sejak 1943 ketika Warren McCulloch dan Walter Pitts memperkenalkan perhitungan model neural network yang pertama kalinya. Mereka melakukan kombinasi beberapa processing unit sederhana bersama-sama.
 Penemu pertama Neural Network
McCulloch & Pitts,

Hal ini dilanjutkan pada penelitian yang dikerjakan oleh Rosenblatt pada tahun 1950, dimana dia berhasil menemukan sebuah two-layer network, yang disebut sebagai perceptron. Perceptron memungkinkan untuk pekerjaan klasifikasi pembelajaran tertentu dengan penambahan bobot pada setiap koneksi antar-network.

Bidang-bidang penelitian yang memanfaatkan jaringan saraf tiruan diantaranya:

- Aeorospace
Autopilot pesawat terbang, simulasi jalur penerbangan, system kendali pesawat, perbaikan autopilot dan simulasi komponen pesawat.
- Otomotif
Sistem kendali otomatis mobil.
- Keuangan dan Perbankan
Pendeteksian uang palsu, evaluator aplikasi kredit, pengidentifikasian pola-pola data pasar saham.
- Pertahanan (Militer)
Pengendali senjata, pendeteksi bom, penelusuran target, pembedaan objek, pengendali sensor, sonar, radar, dan pengolahan sinyal citra yang meliputi kompresi data, ektrasksi bagian istimewa dan penghilangan derau, pengenalan sinyal atau citra.
- Elektronik
Pembuatan perangkat keras yang bias mengimplementasikan jaringan saraf tiruan secara efisien (pendesainan VLSI), machine vision, pengontrol gerakan dan penglihatan robot, sintesis suara.
- Broadcast
Pencarian klip berita melalui pengenalan wajah.

Daftar pustaka;


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar