web stats

Kamis, 30 November 2017

IT FORENSIK


Pengertian IT Forensic
IT Forensik yaitu suatu ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan fakta dan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi serta validasinya menurut metode yang digunakan (misalnya metode sebab-akibat).

PENGERTIAN IT FORENSIK MENURUT PARA AHLI
  1. Menurut Noblett, yaitu berperan untuk mengambil, menjaga, mengembalikan, dan menyajikan data yang telah diproses secara elektronik dan disimpan dimedia komputer.
  2. Menurut Judd Robin, yaitu penerapan secara sederhana dari penyidikan komputer dan teknik analisisnya untuk menentukan bukti-bukti hukum yang mungkin.
  3. Menurut Ruby Alamsyah (salah seorang ahli forensik IT Indonesia), digital forensik atau terkadang disebut komputer forensik adalah ilmu yang menganalisa barang bukti digital sehingga dapat dipertanggungjawabkan di pengadilan. Barang bukti digital tersebut termasuk handphone, notebook, server, alat teknologi apapun yang mempunyai media penyimpanan dan bisa dianalisa.
Tujuan IT FORENSIK
  1. Mendapatkan fakta objektif dari suatu insiden/pelanggaran keamanan sistem informasi. Fakta-fakta yang telah diverifikasi tersebut akan digunakan sebagai bukti yang digunakan dalam proses hukum.
  2. Mengamankan dan menganalisa bukti digital
REVIEW JURNAL

Analisis Digital Forensik pada File Steganography (Studi kasus : Peredaran Narkoba)
Agung Purnama Saputra1, Husni Mubarok2, Nur Widiyasono3
Mahasiswa Teknik Informatika dan Dosen Teknik Informatika, Universitas Siliwangi Jalan Siliwangi No.24 Kota Tasikmalaya Kode Pos 46115 KotakPos 164


  •  Latar belakang
Kemajuan teknologi dan industri yang merupakan hasil dari budaya manusian disamping membawa dampak positif. Steganografi sebagai dari teknologi infromasi bisa dimanffatkan untuk tujuan kejahatan sekaligus membongkar kejahatan. Steganografi merupakan metode untuk menyembunyikan suatu pesan didalam pesan yang lain dalam bentuk media digital.
  • Metode penelitian
Metode yang digunakan dalam jurnal tersebut merupakan metode studi pustaka. Mulai dari mencari informasi dan melakukan proses pengumpulan data.
  • Kelebihan
Dalam jurnal ini, memiliki beberapa kelebihan, yaitu penulis menggunakantools digital forensik setiap kasus yang menggunakanfasilitas teknologi informasi dapat dibuktikan dan diakui keabsahannya. Sehingga bukti data digital dapat dijadikan barang bukti yang sah.
  • Kekurangan
Kekurangan pada jurnal ini adalah kurangnya sumber-sumber yang diambil oleh penulis.
  • Kesimpulan
Dari jurnal tersebut, saya dapat menyimpulkan;
Berdasarkan tahapan-tahapan yang telah dilakukan dalam analisis forensik pada file steganografi, dimana dalam pengungkapan kasus kejahatan peredaran narkoba yang telah diskenariokan sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
Proses investigasi pada file steganografi dapat dilakukan mengunakan beberapa metode, pada penelitian ini metode untuk megetahui indikasi file steganografi menggunakan metode visual attack yaitu enhanced LSB. Metode penelitian yang digunakan telah berhasil diterapkan pada proses investigasi file steganografi dengan hasil terungkapnya kasus peredaran narkoba.
Ditemukannya beberapa digital evidence berupa barang bukti elektronik berupa flashdisk yang berisi file image dan beberapa informasi pada file html, sehingga didapat dua file rahasia yang membuktikan john smith adalah seorang bandar narkoba, tempat tinggal jonh smith dan tempat transaksi dengan pengedar narkoba yaitu jimmy jungle dengan menggunakan beberapa tools digital forensik yaitu WinHex, AccessData FTK imager, dan InvisibleSecrets.


Refrensi:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar